Tips

Pahala, Manfaat dan Keutamaan Membaca Quran

Quran adalah Kitab Suci ke empat dan terakhir dari Allah Yang Maha Kuasa. Quran adalah Kitab panduan untuk seluruh umat manusia. Itu terungkap pada Nabi kita tercinta (SAW) yang merupakan Nabi terakhir dari Allah SWT. Quran adalah buku Ilahi yang menjadi tujuan umat Islam ketika ada masalah karena Quran memiliki solusi untuk setiap masalah dan itu adalah pedoman untuk setiap aspek kehidupan.

Allah SWT berkata tentang Quran: “Ini adalah Kitab (Al-Quran), dimana tidak ada keraguan, bimbingan kepada mereka yang Al-Muttaqoon [yang saleh]” (Al-Quran, 2: 2)

Memang Kitab Allah bukanlah buku seperti yang lain, itu adalah Pidato Abadi dari Allah, bukan hal yang diciptakan, dan panduan belajar untuk hidup dan mati dan apa yang datang setelahnya. surat al ikhlas: Oleh karena itu pantas studi yang lebih hati-hati daripada pidato orang lain. Jadi, sebagai seorang Muslim, kita harus membaca Quran setiap hari dengan pemahaman yang lebih baik sehingga kita bisa mendapatkan berkat Allah dalam kehidupan ini dan akhirat.

Pahala, Manfaat dan Keutamaan Membaca Quran

Hadiah dari Membaca Quran

Umat ​​Islam akan mendapatkan imbalan besar karena membaca Al-Quran dan menerapkannya dalam rutinitas kehidupan sehari-hari mereka. Kami akan membahas di bawah ini beberapa penghargaan dari Quran dan Hadits dalam artikel ini. Dalam Hadis Nabi (SAW) menyatakan bahwa: “Siapa pun yang membacakan sepuluh ayat (ayat) dalam qiyaam tidak akan dicatat sebagai salah satu pelupa. Siapa pun yang membacakan seratus ayat (ayat) dalam qiyaam akan dicatat sebagai salah satu yang taat, dan siapa pun yang berdoa seribu ayat (ayat) dalam qiyaam akan dicatat sebagai salah satu muqantareen (orang yang menumpuk perbuatan baik). ” (Abu Dawood)

Imbalan dari membaca Al-Quran banyak. Dalam Hadits yang lain, Nabi kita yang terkasih (SAW) berkata: “Sesungguhnya orang yang membaca Al-Quran dengan indah, lancar, dan tepat, dia akan berada di antara para malaikat yang mulia dan taat. Dan untuk orang yang membaca dengan susah payah, gagap atau terhuyung-huyung melalui ayat-ayatnya, maka dia akan memiliki DUA KALI pahala itu. ” (Sahih Al-Bukhari). Jadi dari hadis ini, kita dapat mengatakan bahwa seseorang akan mendapatkan pahala ganda yang berusaha keras dan melakukan usaha ekstra untuk belajar dan membaca Al Qur’an untuk menyenangkan Allah SWT. Kita harus berusaha keras untuk membaca Al-Quran dengan cara ini Allah akan senang dengan kita dan kita akan mendapatkan imbalan besar dalam kehidupan ini dan akhirat.

Manfaat dan Keutamaan Membaca Quran

Mari kita melihat beberapa manfaat membaca Al-Quran setiap hari dengan pemahaman sehingga kita bisa lebih dekat dengan kata-kata megah dari Allah Yang Mahakuasa. Setiap tunjangan bertindak sebagai dorongan yang cukup untuk Muslim bahwa mereka harus membaca Quran setiap hari dengan pemahaman. Seorang Muslim mengetahui tentang tujuan sebenarnya di balik wahyu Al-Quran itu seharusnya tidak seperti itu ketika seorang Muslim dalam situasi yang sulit kemudian membuka Al-Quran dan membacanya. Tujuan wahyu Al-Quran ini disebutkan dalam Al-Qur’an dengan cara berikut: “Sebuah Kitab (Al-Quran) yang telah Kami utus kepadamu, penuh dengan berkat sehingga mereka dapat merenungkan Ayat-ayatnya, dan bahwa orang-orang yang memahami dapat menerima peringatan.” (Al-Quran, 38:29)

Jelas dari ayat di atas bahwa tujuan Al-Quran adalah untuk membawa berkah bagi seseorang dan itu membawa tentang semangat pemantauan di pembaca. Oleh karena itu, jika seseorang tidak membaca Al-Quran di basis harian, dia sebenarnya kehilangan kesempatan untuk mendapatkan inspirasi untuk memeriksa semua hal yang telah diciptakan Allah dan semua masalah kehidupan. Oleh karena itu, untuk mendapatkan pahala agama, seorang Muslim perlu membaca Al-Quran secara teratur setiap hari.

  • Al-Qur’an akan menjadi perantara bagi kita pada Hari Kiamat: Nabi (SAW) mengatakan bahwa: “Baca Al-Qur’an, karena sesungguhnya itu akan datang pada Hari Berdiri sebagai perantara untuk teman-temannya.” (Muslim)
  • Pembersihan Hati: Ketika seorang Muslim membaca Al-Quran, itu mempengaruhi hati dan memurnikannya dengan membersihkannya dari semua kotoran yang menempel di atasnya. Allah SWT berkata dalam Quran : “Wahai manusia! Ada telah datang kepadamu suatu peringatan dari Tuhanmu dan penyembuhan untuk (penyakit) di dalam hatimu dan bagi mereka yang percaya akan Panduan dan Rahmat. ” (Al-Quran, 10:57)
  • Berada dari yang terbaik dari orang-orang: Jika Anda ingin menjadi orang-orang yang terbaik di mata Allah maka ajarkan Quran yang lain dan pelajari juga. Dalam hadits, Nabi kita tercinta (SAW) berkata: “Yang terbaik dari Anda adalah orang-orang yang belajar Al-Quran dan mengajarkannya kepada orang lain” (Bukhari)
  • Sepuluh Hadiah untuk setiap pembacaan surat dari Quran: Hadis yang terkait dengan ini dinyatakan dengan cara: “Siapa saja yang membaca surat dari Kitab Allah, dia akan mendapat hadiah. Dan hadiah itu akan dikalikan sepuluh. Saya tidak mengatakan bahwa “Alif, Laam, Meem” adalah sebuah surat, bukan saya mengatakan bahwa “Alif” adalah sebuah huruf, “laam” adalah sebuah huruf dan “meem” adalah sebuah huruf. ” (Tirmidzi). Jadi tingkatkan pengulangan Quran untuk mendapatkan hadiah ini.
  • Mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari: Al-Qur’an tidak hanya terdiri dari ajaran tentang negara-negara masa lalu tetapi juga menyertakan petunjuk dan pedoman perubahan kehidupan dari Tuhan Yang Maha Pemurah. Dalam Al-Qur’an Allah menyatakan bahwa: “Dan, Kami telah pasti disajikan untuk orang-orang dalam Al Qur’an ini dari setiap [jenis] contoh – yang mungkin mereka ingat.” (Al-Quran, 39: 27). Dari ayat ini, kita dapat mengatakan bahwa Kitab Suci Al Qur’an terdiri dari contoh-contoh yang sangat penting bagi seseorang untuk diingat untuk mencari bimbingan konstan. Jadi dari Al-Quran, kita bisa mendapatkan bimbingan apa pun untuk masalah kehidupan sehari-hari dan semua jenis masalah.
  • Peluang Komunikasi dengan Allah SWT: Pembacaan Quran dapat dibuat menarik dan dengan melakukan itu dapat memulai semacam percakapan dengan Allah SWT. Contoh yang dapat dilihat dalam bentuk cara Nabi (SAW) membaca Quran: “Dan ketika Dia (Nabi) membacakan ayat-ayat yang mengacu pada Kemuliaan Allah, Dia memuliakan Dia, Yang Agung, dan ketika Dia membacakan ayat-ayat yang menyebutkan permohonan, Dia memohon, dan ketika Dia membacakan ayat-ayat yang menyebutkan mencari perlindungan dari Rabb Dia mencari (Nya) perlindungan ” (Muslim).
  • Anda akan mendapatkan posisi di Surga atas dasar penghafalan Al Qur’an dalam kehidupan ini: Jika Anda ingin mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di Surga maka hafalkan dan bacakan Quran secara efektif. Nabi Suci (SAW) menyatakan terkait dengan itu sebagai: “Ini akan dikatakan kepada pendamping Al Qur’an: Baca dan tingkatkan (melalui tingkat Surga) dan mempercantik suara Anda seperti yang biasa Anda lakukan ketika Anda berada di dunyaa! Karena sesungguhnya, posisimu di Firdaus akan berada di ayat terakhir yang kamu ucapkan! ” (Abu Dawud)
  • Quran akan mengarah ke surga: pengajian Quran akan memimpin mereka semua yang melafalkannya secara teratur ke surga. Nabi kita yang terkasih (SAW) menyatakan bahwa: “Al-Quran adalah perantara, sesuatu yang diberikan izin untuk bersyafaat, dan itu diyakini benar. Siapa pun yang menempatkannya di depannya, itu akan membawanya ke surga; siapa pun yang menempatkannya di belakangnya, itu akan mengarahkannya ke Neraka. “
  • Pemenuhan Tugas Beragama : Yang Maha Penyayang telah memerintahkan semua Muslim untuk merenungkan Petunjuk Al-Quran tidak hanya untuk menghargai signifikansi mereka karena itu adalah Buku Ilahi yang mengarah menuju kebenaran dan moralitas. Adalah kewajiban agama kita untuk membaca Quran dengan penuh pengertian.

Bacaan harian Al-Qur’an membawa pahala dari Allah; itu juga dapat membawa manfaat lain dalam bentuk pembersihan hati, kesempatan komunikasi dengan Allah dan dengan demikian menjadi Muslim yang lebih baik setiap hari. Al-Quran Suci adalah Kitab Allah yang sangat dikagumi (SWT) yang membutuhkan pemahaman yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *